Thursday, December 1, 2022
Home Edukasi Mengenal Chearavanont Brothers, Crazy Rich-nya Negeri Lumbung Padi

Mengenal Chearavanont Brothers, Crazy Rich-nya Negeri Lumbung Padi

Info Labuhanpos—Thailand, negeri yang dikenal sebagai salah satu penghasil padi terbesar di kawasan ASEAN ini merupakan negara dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil.

Dengan beragam sektor dalam negeri yang terus bertumbuh, tak lepas pengaruhnya dari para pebisnis hebat negeri ini. Bahkan, sudah banyak pebisnis Thailand yang saat ini masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Baca Juga : Elon Musk dan Pengaruhnya

Tersematlah gelar orang terkaya di negeri lumbung padi ini, yaitu Chearavanont Brothers, empat bersaudara yang mengendalikan sektor bisnis pakan ternak dan udang terbesar di dunia melalui Charoen Pokphand Group (CP Group).

Keempat saudara tersebut terdiri dari Jaran Chiaravanon, Montri Jiaravanon, Sumet Jiaravanon, dan Dhanin Chearavanont.

Dilansir dari Forbes, kekayaan Chearavanont Brothers ini bernilai $27,3 miliar atau setara Rp395,85 triliun (Rilis Forbes 1 April 2020 lalu). Dalam versi Bloomberg, Chearavanont Family menduduki peringkat 21 dalam daftar keluarga terkaya di dunia (Agustus 2020).

Perjalanan Chearavanont Brothers Merintis Charoen Pokphand Group (CP Group)

Lambang Charoen Pokphand Group (CP Group). Sumber Gambar : Nation Thailand

Sebelum Chearavanont Brothers memimpin perusahaan ini, awalnya perusahaan ini merupakan usaha yang dirintis oleh sang ayah, Chia Ek Chor, pada 1921. Chor bukanlah penduduk asli dari Thailand, beliau merupakan warga China yang mengadu nasib di Thailand.

Awal mulanya, Chor bersama saudaranya, Choncharoen, mendirikan bisnis penjualan benih impor dari China kepada petani Thailand, Chia Tai, di Kawasan Pecinan, Bangkok, Thailand. Dari sinilah usaha tersebut terus berkembang.

Baca Juga : Usai Jajal E-Commerce, Tiktok Mulai Masuki Bisnis Fintech

Saat ini, CP Group telah menaungi 8 lini bisnis yang memayungi 13 grup bisnis. Selain sektor pertanian dan makanan, perusahaan ini juga memijakkan kakinya di bisnis ritel, telekomunikasi, e-commerce, properti, otomotif, farmasi dan keuangan. Indonesia sendiri masuk dalam salah satu dari 21 negara yang menjadi ladang investasi perusahaan ini.

Kepemimpinan bisnis keluarga ini awalnya dipegang oleh si bungsu, Dhanin Chearavanont. Walaupun dalam tradisi China menyerahkan kepemimpinan bisnis keluarga ke anak bungsu merupakan hal yang tidak lazim.

Adapun kakak-kakaknya, Jaran dan Montri menjabat sebagai hononary chairman. Kemudian, Sumet menjabat sebagai executive chairman.

Semakin tinggi pohon semakin kuat angin menerjang, kata pepatah. Begitupun dengan masalah yang pernah menerpa CP Group. Dimana saat krisia moneter 1997 bergejolak, CP Group sempat mendapat imbasnya. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan ini menerapkan model investasi yang begitu rutin dan berutang dalam denominasi dolar AS. Bahkan, Dhanin saat itu pun gagal pensiun dikarenakan hal ini.

Baca Juga : DeFi, Hype Baru Pemain Blockchain dan Industri Keuangan

Selepas krisis yang melanda itu, Dhanin bersama saudara-saudaranya banyak melakukan perombakan pada perusahaan, salah satunya adalah mereka bersepakat untuk tidak melibatkan istri, saudara perempuan, dan anak perempuan dalam mengelola bisnis itu.

Charoen Pokphand Group board management. Sumber Gambar : Seafood Media

Selepas Dhanin mundur dari kursi CEO pada 2017 lalu, kepemimpinan perusahaan dilanjutkan oleh sang anak, Soopakij sebagai chairman dan Supachai sebagai CEO.

Arti Nama Perusahaan

Dalam sebuah wawancara dengan Nikkei Asia, si bungsu, Dhanin mengungkapkan bahwa nama Charoen Pokphand baru digunakan pada tahun 1953. Hal tersebut bermula dari kakak tertuanya, Jaran yang mulai memperlebar bisnis keluarga tersebut ke sekotr pakan ternak.

“Charoen” memiliki arti kemakmuran dan “Pokphand” berarti produk peternakan dan pertanian.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...