Sunday, November 27, 2022
Home Edukasi Chamomile Tea dan Beragam Manfaatnya

Chamomile Tea dan Beragam Manfaatnya

Info Labuhanpos—Selain kopi, teh merupakan salah satu minuman populer di seluruh dunia. Minuman yang memiliki sejarah panjang ini dikenal dengan efeknya yang mampu membuat pikiran lebih rileks dan segar.

Selain dua efek tersebut, teh juga memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mampu meningkatkan kinerja otak.

Baca Juga : Kolesterol Baik, Emangnya Ada?

Manfaat tersebut diungkapkan melalui penelitian yang dilakukan oleh asisten profesor dari National University of Singapore, Feng Lei.

Teh sendiri memiliki banyak jenis yang tersebar di dunia. Semua jenis teh memiliki ciri khas dan manfaatnya yang unik. Salah satunya adalah teh Chamomile, walaupun sebenarnya minuman ini merupakan tisane bukan tea, tapi masyarakat sudah kadung menyebut minuman ini sebagai teh.

Chamomile tidak masuk dalam kategori teh, sebab asal muasal minuman ini merupakan dari bunga chamomile, sedangkan teh adalah minuman yang terbuat dari tanaman teh (Camellia Sinensis).

Baca Juga : 3 Asupan Nutrisi Yang Tidak Boleh Terlupa Selama Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang pakar teh nusantara yang sekaligus penulis buku “Kisah & Khasiat Teh”, Ratna Somantri. Menurutnya chamomile tea atau sejenisnya seperti rosella tea lebih cocok disebut tisane. “Tisane itu minuman yang penyeduhannya seperti teh tetapi dibuat dari tanaman selain teh, misalnya dari daun lain, bunga, atau akar,” ungkap Ratna, dikutip dari kompas.

Namun, terlepas dari perdebatan apakah chamomile termasuk teh atau tidak, Minuman ini memiliki banyak sekali manfaat, berikut kami rangkum 3 manfaat chamomile tea untuk tubuh.

  1. Meredakan stres
Ilustrasi santai. Sumber Gambar : Pixabay

Salah satu yang lazim didengar mengenai manfaat minuman satu ini adalah untuk meredakan stres. Hal tersebut memang benar, dikarenakan chamomile memiliki kandungan serotonin dan melatonin yang memiliki peran besar dalam meningkatkan perasaan nyaman dan santai.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sumber Gambar : Pixabay

Menjaga imunitas, apalagi di kondisi pandemi seperti ini merupakan prioritas. Selain efek dari serotonin dan melatonin-nya yang mampu meredakan stres, chamomile juga memiliki kandungan senyawa Phenolic. Phenolic ini mampu melawan bakteri yang menginfeksi tubuh.

  1. Mempercantik kulit
Ilustrasi perawatan kulit. Sumber Gambar : Pixabay

Sama seperti teh pada umumnya, chamomile juga memiliki peran dalam mempercantik kulit. Kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi adalah bekal penting dalam mempengaruhi kecantikan kulit.

Selain mempercantik kulit, bagi kaum hawa, anti-inflamasi yang dimiliki chamomile ini mampu meredakan gejala yang muncul sebelum memasuki fase datang bulan, seperti perut kembung, perut kran, gelisah, dan masih banyak lagi.

  1. Mengatasi Gangguan Tidur
Ilustrasi tidur nyenyak. Sumber Gambar : Pixabay

Medical News Today mengungkapkan penelitian, 10 dari 12 pasien penyakit kardiovaskular tertidur tak lama setelah mengonsumsi chamomile tea.

Di kalangan para peneliti, chamomile tea dipercaya dapat berfungsi sebagai benzodiazepine atau obat yang dapat mengurangi kecemasan dan memicu rasa kantuk.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...

Dinas PUPR Kabupaten Labuhanbatu Gelar Konsultasi Publik Revisi RT/RW Tahun 2015-2035

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Asisten ll Ikramsyah menyampaikan perkembangan yang begitu pesat pada setiap sektor pembangunan yang menimbulkan berbagai masalah pembangunan akibat tekanan...