Friday, December 2, 2022
Home Kesehatan Efek Samping Berbagai Macam Vaksin Yang Akan Digunakan di Indonesia

Efek Samping Berbagai Macam Vaksin Yang Akan Digunakan di Indonesia

Vaksin menjadi harapan baru untuk melawan covid-19 yang angkanya semakin tidak terkendali. Tercatat pada Rabu (13/1/2021) meningkat menjadi 11.278 kasus sehingga hingga saat ini total kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai angka 858.043 orang. Angka yang terus naik ini menuntut upaya serius pemerintah dalam penanganan, salah satu upaya yang di tempuh adalah penggunaan vaksin.

Angka peningkatan kasus covid-19 (Rabu, 13/1/2021). Sumber : katadata.co.id
Angka peningkatan kasus covid-19 (Rabu, 13/1/2021). Sumber : katadata.co.id

Usai publik menyaksikan siaran langsung Presiden Joko Widodo selaku orang pertama di Indonesia yang menjalani vaksinasi covid-19, membuka gerbang awal dalam meyakinkan publik bahwa vaksin yang digunakan teruji secara klinis, medis maupun kehalalannya.

Meski diklaim aman, vaksin juga memiliki risiko dikarenakan masih memiliki kemungkinan menyebabkan efek samping. Efek samping yang ditimbulkan pun beragam, tergantung jenis vaksin itu sendiri. Berikut vaksin covid-19 yang rencananya akan digunakan di Indonesia:

Sinovac

Vaksin asal cina yang sudah tiba di Indonesia semenjak satu bulan yang lalu ini memiliki beberapa gejala efek samping. Seperti sakit di bagian yang disuntik, demam, mual, pusing, muntah-muntah, dan juga keletihan. Hal ini berdasarkan hasil uji klinis sementara tahap ketiga di laboratorium di tiga negara, seperti Brasil, Turki, dan Indonesia.

Moderna

Dilansir dari U.S. Food and Drug Administration menyatakan bahwa vaksin Moderna memiliki beberapa efek samping, seperti nyeri pada tempat penyuntikan, keletihan, pusing, tegang otot, menggigil, mual, muntah, persendian tegang, hingga pembengkakan kelenjar getah bening.

Namun, angka masyarakat yang terkena efek samping setelah di vaksin tidak terlalu besar. Kemungkinan yang terjadi hanya 1:10, menurut FDA.

Novavax

Relawan vaksinasi melaporkan efek samping berupa sakit di bagian penyuntikan, ruam, pusing, tegang otot, demam, mual, dan muntah-muntah. Hal ini dirasakan pasca uji coba tahap pertama dan kedua.

Namun, menurut situs Verywellhealth menyatakan tidak ada kasus yang serius selama uji cobanya. Adapun efek samping yang terjadi masih berstatus ringan atau hampir tidak ada sama sekali.

Sinopharm

Vaksin yang masih satu negara asal dengan Sinovac ditaksir memiliki efek samping yang tidak jauh berbeda dengan vaksin lainnya. Seperti nyeri di tempat penyuntikan, ruam-ruam, pusing kepala, tegang otot, demam, mual, hingga muntah. Gejala tersebut dirasakan oleh 15% total partisipan tahap awal, dilansir dari Medshadow.

Terkait berbagai macam rumor yang berkembang terkait vaksin ini, media seperti New York Times melaporkan bahwa fase pertama dan kedua uji coba vaksin ini tidak menunjukkan efek samping yang serius.

Pada Minggu (3/1/2021), pemerintahan Mesir mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Sinopharm mengingat tidak adanya keluhan yang signifikan mengenai efek samping yang terjadi.

Sumber Gambar : ANTARAFOTO.COM

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...