Thursday, December 1, 2022
Home Kesehatan Kolesterol Baik? Emangnya Ada?

Kolesterol Baik? Emangnya Ada?

Kesehatan Labuhanpos—Bagi kamu yang menjalani diet, pasti bakal jaga jarak sama yang namanya kolesterol. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat kolesterol baik yang justru memiliki peran bagi tubuhmu.

Kolesterol baik dikenal dalam dunia kesehatan dengan istilah high-density lipoprotein atau HDL. Sedangkan kolesterol jahat disebut dengan low-density lipoprotein atau LDL.

Baca Juga : Efek Samping Berbagai Macam Vaksin Yang Akan Digunakan di Indonesia

Nah, tahukah kamu kalo HDL sendiri membantu tubuhmu dalam melawan kolesterol jahat. Jadi, kadar HDL yang tinggi akan menghilangkan kolesterol buruk dan penumpukan plak di pembuluh darah sehingga akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Tingkat HDL yang ideal dalam tubuh adalah sebesar 60 mg/dL atau lebih. Tentunya, untuk memiliki HDL yang ideal dalam tubuhmu kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik tersebut.

Berikut 3 makanan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuhmu yang tentunya mudah sekali kamu temui.

  1. Buah dengan kandungan serat tinggi
    Buah-buahan seperti apel, pir, dan pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi yang mana akan meningkatkan kadar HDL dalam tubuhmu.
  2. Kedelai
    Produk olahan dari kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan lain-lain mampu meningkatkan kadar kolesterol baik ditubuhmu.
  3. Ikan berlemak
    Seperti dikutip dari Healthline, kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan berlemak mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ikan berlemak sendiri antara lain ikan tuna, sarden, kembung, dan salmon.
Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...