Thursday, December 1, 2022
Home Berita Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir Menurun di Labuhanbatu

Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir Menurun di Labuhanbatu

Labuhanpos—Upaya keras Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir memperlihatkan hasil yang cukup signifikan.

Dalam pertemuan Workshop Sosialisasi Program KB Pasca Persalinan (KBPP-Pilihan) yang dilaksanakan di Hotel Platinum Rantauprapat, dipaparkan mengenai grafik penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Labuhanbatu, dengan data kematian ibu sebanyak 4 orang dan 31 kematian bayi baru lahir (Tahun 2020), terjadi penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya dengan data kematian berjumlah 9 ibu dan 54 bayi. Grafik membaik ini tentunya terjadi karena adanya upaya bersama dan dukungan dari berbagai pihak.

Penyampaian Perwakilan Pemkab Labuhanbatu

Mewakili Bupati Kabupaten Labuhanbatu yang berhalangan hadir, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Labuhanbatu, Sarimpunan, S.Pd, M.Pd, pada pembukaan sosialisasi workshop menyebutkan, penerapan KB pasca persalinan bukanlah hanya menjadi tanggungjawab Dinas Kesehatan dan Dinas PPKB saja. Pemkab menyambut baik agenda workshop yang melibatkan OPD terkait serta berbagai stakeholder ini, dan berharap akan melahirkan rencana kerja program yang lebih operasional dan melibatkan semua komponen terkait.

Menurut Sarimpunan, “Program ini akan berhasil jika mampu menggalang kerjasama dan integrasi berbagai stakeholder, serta memberikan penekanan pada upaya upaya yang inovatif” ujarnya optimis.

Pada agenda hari pertama, Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu H. Kamal Ilham, S,K,M, MM, dan Kepala Dinas P2KB Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi, M.Ap, memaparkan capaian-capaian dan tantangan yang di hadapi Kabupaten Labuhanbatu dalam program Kesehatan Ibu Anak dan Keluarga Berencana.

Baca Juga : https://labuhanpos.com/bupati-labuhanbatu-resmikan-pocadi-rsud-rantauprapat/

Peserta berasal dari berbagai perwakilan OPD, seperti Dinas Kominfo, Dinas PMD, Dinas Dukcapil, Bappeda, organisasi profesi seperti POGI, IDI, IBI maupun dari TP-PKK dan perwakilan komunitas/ Forum Masyarakat Madani.

Dr. Ainal, SPOG, selaku perwakilan dari organisasi profesi POGI, secara lugas menyebutkan bahwa keluarga berencana merupakan faktor yang sangat penting yang dapat menekan angka kematian ibu dan bayi (AKI/AKN). Untuk itu, program KB mestinya dilihat sebagai bagian yang terintegrasi dengan program Kesehatan Ibu Anak (KIA). Menurut Dr. Ainal, ke depan perlu diperkuat kordinasi, kerjasama dan kolaborasi Dinas kesehatan dan DP2KB serta pelibatan pihak terkait untuk program ini.

“Dulu kita difasilitasi oleh Jhpiego melalui program EMAS untuk penurunan AKI/AKN tapi belum menyentuh isu KB. Tapi pendekatan yang digunakan oleh program tersebut perlu diterapkan kembali, dimana semua lapisan digerakkan. Bahkan sampai ke tingkat desa/dusun” ujar dokter senior di RSUD Rantauprapat tersebut.

Health Specialist Jhpiego, Istiani Purba absari dalam presentasinya menyebutkan bahwa pemilihan Kabupaten Labuhanbatu sebagai daerah dampingan karena komitmen Kabupaten selama ini terkait penerapan KBPP yang difaslitasi oleh BKKBN tahun 2018-2019. Dimana Labuhanbatu menghasilkan capaian terbaik dari 11 Kabupaten yang didampingi BKKBN.

Perli diketahui Jhpiego adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada kesehatan dan merupakan afiliasi dari Universitas Johns Hopkins yang memiliki visi untuk menyelamatkan jiwa, meningkatkan (derajat) kesehatan, dan mengubah masa depan. Jhpiego bermitra dengan pemerintah, pakar kesehatan dan masyarakat untuk membangun keterampilan/kapasitas dan sistem yang menjamin masa depan yang lebih sehat bagi perempuan dan keluarga.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...