Thursday, December 1, 2022
Home Berita Dinas P2KB Labuhanbatu Mulai Lakukan Pendataan Keluarga

Dinas P2KB Labuhanbatu Mulai Lakukan Pendataan Keluarga

Berita Labuhanbatu—Tanggal 1 April hingga 31 Mei 2021 ditetapkan sebagai waktu pendataan keluarga serentak se-Indonesia. Dimana hal tersebut merupakan keputusan yang telah ditetapkan oleh BKKBN.

Baca Juga : Bahas Penanganan Stunting, Pemkab Labuhanbatu Gelar Rapat Koordinasi

Dinas P2KB Kabupaten Labuhanbatu pun segera melakukan pendataan keluarga di Kabupaten Labuhanbatu. Pendataan di Labuhanbatu diawali dengan melakukan pendataan terhadap keluarga Sekdakab Labuhanbatu, Ir. Muhammad Yusuf Siagian, MMA.

Pendataan langsung tersebut dilakukan oleh kader pendataan dari BKKBN pusat, Leonardo Aritonang yang didampingi koordinator Penyuluh Kecamatan Rantau Selatan Andi Suryati dan Supervisor Intan Mahreni Siregar.

Pendataan ini sendiri langsung dipimpin oleh Kepala Dinas P2KB Kabupaten Labuhanbatu Lidyawati Harahap, S.Psi. MAP, didampingi Sekretaris Dra.Hj.fatma Hanum dan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dra. Hj, Sofyah Siregar.

Usai melakukan pendataan, Sekdakab Labuhanbatu menghimbau kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu untuk turut serta mensukseskan pendataan keluarga serentak tahun 2021.

“Mari sukseskan pendataan keluarga serentak di seluruh Indonesia yang dimulai sejak tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021 di Kabupaten,” pintanya.

Baca Juga : Musrenbang RKPD Tahun 2022 Kabupaten Labuhanbatu Dilaksanakan

“Sambutlah petugas pendata yang datang ke rumah anda dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, berikan data yang sebenarnya untuk perencanaan pembangunan keluarga di Kabupaten Labuhanbatu. Salam banggakencana berencana itu keren,” tegasnya menyambut pensuksesan pendataan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KB Kabupaten Labuhanbatu, Hj.Lidiyawati Harahap,S.Psi,MAP menjelaskan bahwa, pendataan keluarga adalah kegiatan pengumpulan data primer dari data pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana.

Adapun terlaksananya pendataan ini memiliki tujuan, yaitu tersedianya data keluarga by name by address untuk digunakan dalam penetapan sasaran dan optimalisasi operasional program banggakencana dan berbagai program pembangunan lainnya yang akan sangat membutuhkan data demografi, data keluarga berencana, data keluarga sejahtera, data anggota keluarga di setiap tingkatan wilayah.

Dijelaskan Lidyawati, sasaran pendataan keluarga 2021 adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami-istri atau suami-istri dan anaknya atau ayah dan anak atau ibu dan anak, dimana hal tersebut sesuai dengan undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang kependudukan.

Untuk Kabupaten Labuhanbatu, lewat penuturan Lidyawati, kurang lebih ada 113.102 KK yang tersebar di 9 Kecamatan, 98 desa/kelurahan yang menjadi target KK yang akan didata.

Sebelumnya, telah dilaksanakan orientasi pendataan keluarga di Labuhanbaru pada tanggal 21 hingga 23 Maret lalu, yang diikuti oleh sebanyak 904 orang, sekaligus pula pada kesempatan tersebut melaksanakan pendataan.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...