Thursday, December 1, 2022
Home Berita Kenalan Yuk! Dengan 5 Fakta Unik Kota Rantau Prapat

Kenalan Yuk! Dengan 5 Fakta Unik Kota Rantau Prapat

Info Labuhanbatu—Setiap daerah pasti memiliki sisi keunikan yang menarik orang-orang untuk berkunjung. Keunikan tersebut bisa berasal dari apapun yang ada di daerah tersebut, baik dari budayanya, makanan, adat istiadat, pesona wisatanya dan lain sebagainya.

Kali ini tim Labuhanpos akan mengulik salah satu tempat yang ada di Sumatera Utara yang terkenal dengan julukannya sebagai Kota Idaman.

Rantau Prapat, begitulah kota ini diberi nama, dengan jarak sekitar 290 Km dari pusat kota Medan, kota ini merupakan ikon pusat yang ada di Labuhanbatu. Kota kecil ini tentunya menyimpan keunikan dan daya tarik tersendiri yang tentunya tidak kalah jauh dari kota-kota lainnya yang ada di Sumatera Utara.

Berikut 5 Fakta Unik Kota Rantau Prapat

Pada Zaman Dahulu Merupakan Wilayah Kesultanan Bilah

Sumber Gambar : https://nusantaraexpress.com/

Pada tahun 1630, pernah ada kerajaan besar berkuasa di wilayah Labuhanbatu. Ada beberapa versi mengenai sejarah kerajaan ini, dimana pernah dilakukan penelitian mengenai asal-usul kerajaan yang telah bertahan selama lebih kurang 4 abad.

Penamaan Bilah ini diberikan oleh Raja pertamanya yaitu Raja Tahir Indra Alam pada tahun 1623.

Gedung Juang 45

rantau prapat
Sumber Gambar : sindonews.com

Menjadi tempat strategis dengan berbagai macam kekayaan alamnya, daerah ini pun tak luput menjadi salah satu tempat Belanda mendirikan pemerintahannya.

Menghadapi perilaku rakus para penjajah saat itu yang ingin menguasai kekayaan alam Labuhanbatu maka didirikanlah gedung ini sebagai saksi bisu kisah heroik masyarakat Labuhanbatu dalam melawan tindak penjajahan.

Gedung ini menjadi berkumpulnya para pejuang untuk bermusyawarah merumuskan strategi yang tepat menghadapi penjajah saat itu.

Julukan ‘Kota Idaman’

rantau prapat
Sumber Gambar : facebook

Julukan tersebut sebenarnya adalah julukan yang melekat di Rantau Prapat ketika dahulu belum menjadi kelurahan. Namun, karena begitu melekat di hati masyarakat julukan tersebut masih langgeng melekat di kota ini.

Julukan tersebut pun bukan hanya sekedar julukan. Terbukti kota ini pernah meraih prestasi yaitu piala adipura dalam bidang kebersihan.

Makanan Khas bernama Pakkat

Tentunya ini bukan satu-satunya makanan khas yang ada di daerah Rantau Prapat. Namun, karena keunikannya tim kami memilih mengulas makanan ini.

Pakkat merupakan makanan berbahan utama pucuk rotan yang dibakar. Memiliki Tekstur yang lembut dan lentur, makanan satu ini ramai dijual saat bulan Ramadhan. Cocok menjadi teman santapan bersama nasi. Namun, perlu diketahui rasa dari Pakkat ini adalah pahit, sehingga bagi kamu yang kurang menyukai makanan dengan rasa pahit harus menghapus makanan ini dari daftar oleh-oleh di Rantau Prapat yang ingin kamu cicipi

Beragam Tempat Wisata, termasuk ada Malioboro-nya Lho…

Sumber Gambar : rantauprapat.net

Banyak sekali tempat wisata yang bernuansa alam yang ada di kota ini. Namun, tahukah kamu jika di Rantau Prapat juga punya Jalan Malioboro seperti yang ada di DI Yogyakarta.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Labuhanbatu Buat Referensi Pasca Pandemi

Lokasi ini menjadi hits berbagai kalangan di Labuhanbatru dalam beberapa waktu lalu. Selain sebagai tujuan rekreasi, pengunjung juga bisa berswafoto ria di lokasi.

Berbagai properti seperti lampu, bangku, dan ornamen hiasan dibuat mirip dengan bentuk aslinya yang ada di Yogyakarta.

Untuk Lokasi, destinasi ini terletak di kawasan Kantor Bupati Labuhanbatu.

Itulah 5 keunikan dari kota kecil bernama Rantau Prapat ini, tentunya masih banyak yang bisa diulas dari kota idaman. Semoga bermanfaat! Jangan lupa baca artikel kami lainnya.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...