Sunday, December 4, 2022
Home Berita MK Tegaskan, KPU Harus Tunda Tahapan Pilkada Hingga Ada Putusan Hukum

MK Tegaskan, KPU Harus Tunda Tahapan Pilkada Hingga Ada Putusan Hukum

Labuhanpos—Jakarta, Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, beserta instansi terkait untuk menunda semua tahapan pemilihan umum di daerah itu hingga adanya putusan mahkamah terhadap permohonan “a quo” yang berkekuatan hukum tetap.

“Termasuk semua tindakan administrasi maupun tindakan lainnya setelah penetapan rekapitulasi hasil pemungutan suara ulang Kabupaten Labuhanbatu berdasarkan putusan KPU setempat,” kata Majelis Hakim MK Prof Enny Nurbaningsih di Jakarta, Jumat (21/5).

Hal itu tertuang dalam ketetapan Nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021 yang berbunyi demi keadilan berdasarkan ketuhanan yang maha esa, Mahkamah Konsitusi Indonesia yang mengadili perkara konstitusi pada tingkat pertama dan terakhir, menjatuhkan ketetapan dalam perkara pada perselisihan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara.

Keputusan KPU setempat yang dimaksud ialah tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pascaputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 58/PHP.BUP-XIX/2021 dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu 2021 tertanggal 27 April 2021.

Ia mengatakan ketetapan tersebut berlaku sampai adanya putusan mahkamah terhadap permohonan “a quo” yang telah berkekuatan hukum tetap.

Majelis Hakim MK kembali menegaskan dan mengingatkan instansi terkait termasuk KPU agar tidak melakukan tindakan apa pun sembari menunggu putusan MK.

“Tolong bersabar, karena putusan ini bagian dari putusan yang persidangannya melalui proses cepat,” tegasnya.

Selain itu, MK meminta KPU RI agar mengingatkan bawahannya supaya tidak melakukan tindakan apa pun sebelum ada putusan MK.

Senada dengan itu, Majelis Hakim Prof Saldi Isra mengatakan dengan adanya penetapan tersebut, apapun keputusan MK maka KPU setempat harus membuat keputusan yang baru.

“Jadi keputusan ini (yang sebelumnya) tidak bisa digunakan,” ujar Saldi.

KPU diminta membuat ketetapan baru calon terpilih dan lain sebagainya setelah adanya putusan dari MK yang berkekuatan hukum tetap. Setelah itu, KPU baru bisa berkoordinasi dengan DPRD Kabupaten Labuhanbatu.

“Mahkamah menganggap sekarang ini baru sampai proses rekapitulasi hasil,” ujarnya.

Sementara itu, anggota KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan akan menyampaikan surat kepada KPU Provinsi yang dimana kabupaten dan kotanya mengadakan pemungutan suara ulang.

Tidak hanya itu, KPU RI juga sedang menyiapkan surat kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk menyampaikan adanya penetapan MK tentang penundaan semua kegiatan atau tahapan hingga adanya putusan MK yang berkekuatan hukum tetap.[]

Previous article‎‎fifth Third Cellular Financial Into the Application Store/h1>

Here’s a look at a few of the great things about so it borrowing cards. The gains are typically in the type of Auction web sites Shell out monthly equilibrium. We bring you credit cards within the a personal commitment which have ‘Amazon Pay’. 888 Females Bingo try an on-line cellular bingo web site dedicated to girls bingo lovers. A truly satisfying allowed provide awaits newly inserted professionals.

Next articleWarga Kecamatan Pangkatan Terima BLT Tahap Pertama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...