Friday, December 2, 2022
Home Berita Peduli Pencegahan HIV, Dinkes Labuhanbatu Jalin Kerjasama dengan KDS Simalungun

Peduli Pencegahan HIV, Dinkes Labuhanbatu Jalin Kerjasama dengan KDS Simalungun

Labuhanpos.com – Guna menekan penularan HIV AIDS di wilayah Kabupaten Labuhanbatu, Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu menjalin kerjasama dengan Kelompok Dukungan Sedaya Simalungun Suport melalui program penjangkauan pekerja sek perempuan (PSP) di aula Puskesmas kota Rantauprapat, Senin (22/8/2022).

KDS Simalungun Suport adalah sebuah lembaga yang mendapat kepercayaan untuk mengerjakan program penjangkauan PSP dukungan UNFA-PKBI DKI dengan jangkauan 4 kabupaten di Tahun 2022 yakni Kabupaten Simalungun, Kabupaten Asahan, Kabupaten Labuhanbatu, dan Padang Sidempuan.

Direktur SSR Hardiman terkait hal tersebut memaparkan pentingnya penanggulangan penyebaran virus HIV AIDS.

Dijelaskannya, Kabupaten Labuhanbatu memiliki 9 Kecamatan diantara 9 Kecamatan tersebut ada beberapa Kecamatan yang memiliki hot support yang menjadi target penjangkauan KDS Simalungun Suport.

“Tahun 2022 akan dilakukan penjangkauan PSP untuk lebih mengetahui perkembangan penyebaran PSP yang ada di Kabupaten Labuhanbatu untuk penanggulangan penularan HIV dan AIDS” ucapnya.

Butuh kerja keras kita bersama stacholder terkait untuk memberikan pengertian kepada para PSP akan pentingnya perawatan dan pemeriksaan kesehatan mereka. Ujar Hardiman.

Kordinator Wilayah KDS Simalungun, Marto Marbun Menjelaskan berdasarkan data dari Kemenkes. selama bulan Juli 2022 ada terdapat 60 orang jangkauan PSP, 5 orang PSP rujukan statis tes, dan 0 kasus positif dari 2099 orang PSP yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

Mewakili kepala Puskesmas berhadir, Kepala Puskesmas Perlayuan drg.Eka Apriana menghimbau agar seluruh stacholder terkait bekerjasama untuk mengatasi penyebaran HIV tersebut.

“HIV adalah virus yang sangat berbahaya, karena virus tersebut dapat menyebar dan menular diruang lingkup keluarga”, ujar dr.Eka.

Mari kita sehatkan masyarakat Labuhanbatu agar misi Bupati Labuhanbatu Bolo Labuhanbatu dapat terlaksana dan terwujud dengan baik.pintanya.

Pertemuan SSR (Suf Suf Refesion) dan Stakeholder Program Penjangkauan PSP tersebut dihadiri sembilan Kapus (Kepala Puskesmas) se- Kabupaten Labuhanbatu, Satpol-PP, RSUD, Kelurahan Cendana, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Labuhanbatu.

Selama pertemuan kegiatan diisi dengan tanya jawab dan pemaparan dari narasumber terkait tatacara sosialisasi akan pentingnya perawatan, pemeriksaan dan pencegahan penyebaran HIV AIDS.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...