Friday, December 2, 2022
Home Berita Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan Satukan 12 Etnis Di Labuhanbatu

Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan Satukan 12 Etnis Di Labuhanbatu

Labuhanpos.com – Mempersatukan 12 Etnis yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, Forum Pembauran Kebangsaan melakukan sosialisasi penguatan Gerakan Indonesia bersatu dalam Kebhinekaan di gedung kesenian Labuhanbatu Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara, kamis (25/8/2022).

Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga, MKM, dalam pidato tertulisnya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Labuhanbatu Ir. H.Jumingan menyampaikan pembentukan forum pembaruan adalah sebuah langkah menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 34 Tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pembaruan kebangsaan di daerah.

Seperti kita ketahui Kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai ini sangat majemuk yang terdiri dari berbagai suku, agama, adat dan budaya yang merupakan kekayaan dan keanekaragaman yang tidak ternilai harganya.

Untuk itu diperlukan keseriusan dan komitmen kita bersama untuk menjadikan kemajemukan ini sebagai pendorong bagi kita bersama untuk memajukan Kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai ini.

Bupati berharap forum pembaruan kebangsaan ini dapat menjadi wadah terdepan bagi masyarakat sebagai forum dialog untuk menangkal dan mencegah hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Di akhir pidatonya Bupati menekankan kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa dapat lebih menginisiasi terbentuknya forum pembaruan kebangsaan ini di tingkat kecamatan, tingkat desa dan kelurahan. Agar tujuan sosialisasi pembaruan kebangsaan ini yang untuk mewujudkan keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa menuju negara kesatuan Republik Indonesia yang adil dan makmur dapat terwujud dengan baik.

Dilain sisi Ketua Forum Pembaharuan Kebangsaan Labuhanbatu H.Partahian Rambe,S,PD, mengatakan
Forum Pembauran Kebangsaan terdiri dari para pemimpin semua suku disetiap kecamatan.

Adapun tujuan agenda tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pembauran kebersamaan dalam membina keutuhan kesatuan bangsa.

Selain itu ucap Partahian, sosialisasi ini dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap nilai-nilai Pancasila, meningkatkan rasa solidaritas dan kesatuan anak bangsa dalam rangka menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia khususnya di Kabupaten labuhanbatu.pungkasnya.

Sementara ketua adat Labuhanbatu Tengku Rizwan menyebutkan, kehadiran Forum Pembauran Kebangsaan dilabuhanbatu merupakan cara yang tepat untuk menyatukan masyarakat yang majemuk dilabuhanbatu dalam satuan yang bersifat kekeluargaan dan gotong royong sehingga dapat menciptakan suasana kondusif, tentram dan tertib sehingga terwujud masyarakat Labuhanbatu yang berkarakter maju dan sejahtera.

Hadir mengikuti rangkaian kegiatan dimaksud, Staf Ahli Bupati Labuhanbatu Ir.H.Jumingan, Kadispora Labuhanbatu Hulwi,SE, Sekjen Kesbangpol Nurdin Edi F, Camat Rantau Utara M.Nafsir Rambe, para Ketua Etnis dan tamu undangan.

Adapun 12 etnis dimaksud ialah etnis Tapanuli Selatan, Batak Simalungun, Pakpak Dairi, Sunda, Karo, Melayu, Minang, Nias, Aceh, Batak Toba, Tionghoa, Jawa.

Sosialisasi yang diikuti 60 orang peserta tersebut menyajikan tiga narasumber yakni Dedi Azhari,S,Sos, H.Partahian Rambe,S,PD, K.Amri,S,P dan dirangkai dengan penyerahan sertifikat dan buku empat pilar etnis.[]

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...