Sunday, December 4, 2022
Home Berita Tingkatkan Pengetahuan Fardu Kifayah, Bupati Erik Buka Pelatihan Bilal Mayit

Tingkatkan Pengetahuan Fardu Kifayah, Bupati Erik Buka Pelatihan Bilal Mayit

Labuhanpos.com – Labuhanbatu, Untuk meningkatkan pemahaman Fardu Kifayah, Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM membuka Pelatihan Bilal Mayit bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Labuhanbatu di Aula Rumah Dinas Wakil Bupati Labuhanbatu. Senin (10/10/2022).

“Dalam Islam hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah, itu artinya di antara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan jenazah yang sesuai dengan ketentuan syariat islam, maka dari itu, kegiatan ini wajib dilaksanakan”.

Baca Juga: Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia

Dalam sambutannya Bupati Erik Adtrada menyampaikan dengan adanya pelatihan ini, mudah-mudahan menjadi suatu langkah awal yang bisa berkelanjutan dilakukan fi setiap kelurahan/desa yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

Bupati Erik Adtrada mengatakan sebelumnya program ini sudah diwacanakan dan dijalankan di masa kepemimpinan dr.Tigor, dan mulai saat ini program-program yang baik akan kami munculkan kembali, salah satunya yakni program pelatihan bilal mayit.

Baca Juga: Pemkab Labuhanbatu Berikan Pendidikan Kebencanaan Sejak Dini Kepada Siswa SMP IT Al Fikri Kampung Pajak

Pelatihan Bilal Mayit
Pelatihan Bilal Mayit dengan Narasumber Rini Wulan,S.Ag.

Kami dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sangat mendukung program ini, serta ini harus menjadi pelajaran yang baik bagi kita. Dan ini harus dikembangkan kepada masyarakat serta harapan saya program pelatihan ini tidak hanya untuk wanita namun untuk laki-laki juga.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Labuhanbatu yang juga selaku Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd,MM  menyampaikan kami dari GOW melihat di Kabupaten Labuhanbatu ini sangat minim sekali ada bilal mayit. Sehingga kami membuat program ini untuk membuat generasi muda menjadi bilal mayit.

Tujuan daripada kegiatan ini yang bekerjasama dengan Kementerian Agama Labuhanbatu untuk mempermudah dan memperlancar proses pelaksanaan bilal mayit di lingkungan sekitar kita. Sehingga nanti kita tidak lagi mengalami kesulitan dalam pelaksanaan fardu kifayah dan program ini nantinya akan kami lanjutkan ke kecamatan hingga ke kelurahan/desa,”jelasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Labuhanbatu dr.Hj.Maya Hasmita Adtrada,Sp.OG,MKM mengatakan bahwa TP PKK Labuhanbatu sangat mendukung program-program dari pemerintahan maupun program dari kewanitaan untuk dapat terus berusaha Bolo Labuhanbatu khususnya di bidang keagamaan. Ilmu yang kita dapatkan nantinya bisa dikembangkan di lingkungan sekitar kita.

Untuk diketahui bersama, Kabupaten Labuhanbatu hingga saat ini, masih tetap istiqomah dalam menjalankan kegiatan ini. Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini, untuk menambah dan mengembangkan wawasan tentang penyelenggaraan jenazah yang harus dimunculkan di tengah-tengah masyarakat secara berkesinambungan.

Dan kegiatan ini diikuti oleh 15 organisasi wanita yang ada di Kabupaten Labuhanbatu dengan Narasumber Rini Wulan,S.Ag.

Turut hadir dalam acara Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra H.Sarimpunan Ritonga, Plh. Kakan Kemenag Darmansyah Siagian, Kepala Disdukcapil Maznil Khairi,Plt. Kepala Dinas P3A Tuti Nofrida,Plt. Kepala Dinas Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Asrol Azis Lubis, Plt. Kepala BP2KB Mahrani, Persit KCK 0209/LB,Bhayangkari Labuhanbatu, Dharma Wanita Persatuan Labuhanbatu, Organisasi-organisasi Kewanitaan yang turut jadi peserta,IBI, dan tamu undangan lainnya.[]

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...