Thursday, December 1, 2022
Home Berita Upaya Mengurangi Stunting di Labuhanbatu Masih Terus Digencarkan

Upaya Mengurangi Stunting di Labuhanbatu Masih Terus Digencarkan

Berita Labuhanbatu—Mengingat tingginya angka stunting di Labuhanbatu, dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan pertemuan ‘Advokasi Peran Keluarga Cegah Stunting 2021’.

Acara yang berlangsung pada Selasa 6/4/2021, dibuka oleh Sekdakab Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, MMA, yang dalam hal ini mewakili Pj. Bupati Kabupaten Labuhanbatu Mulyadi Simatupang, S.Pi, M.Si. yang berhalangan hadir.

Baca Juga : Usahakan Penurunan Stunting. Dinkes Labuhanbatu Rapat Koordinasi Pelaksanaan Aksi 1

Perhelatan yang digagas oleh dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Labuhanbatu tersebut berlangsung di ruang data dan karya Kantor Bupati Labuhanbatu.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdakab Labuhanbatu menyampaikan betapa pentingnya pencegahan stunting di Labuhanbatu.

Stunting

Stunting sendiri disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah Pola pengasuhan anak yang tidak tepat. Baik keluarga dengan kondisi sosial ekonomi rendah maupun tinggi, tetap berpotensi memiliki resiko terkena stunting yang tentunya tidak bisa dianggap remeh.

Perlu diketahui pula, kebiasaan orang tua dalam menitipkan anak kepada pengasuh, perlu mendapat perhatian dan turut serta dari para orang tua pula, dimana orang tua adalah tempat utama dan tentunya pertama dalam proses pengasuhan anak. Dalam hal ini keluarga mampu menjadi pengawas dalam memantau asupan gizi kepada anak.

Baca Juga : Dinas P2KB Labuhanbatu Mulai Lakukan Pendataan Keluarga

Sesuai dengan amanah konvensi hak anak, kecukupan gizi merupakan salah satu hak anak yang harus dipenuhi agar anak dapat tumbuh berkembang secara optimal.

Namun saat ini hal tersebut belum terpenuhi secara maksimal. Hal ini dapat ditandai dengan tingginya angka stunting pada balita. Survei status gizi balita Indonesia tahun 2019 menunjukkan prevalensi stunting dari 30,8% pada tahun 2018 menjadi 27,67% pada tahun 2019.

Pembahasan Pada Pertemuan ‘Advokasi Peran Keluarga Cegah Stunting

Dihadapan peserta pertemuan, Ir. Muhammad Yusuf Siagian, MMA, menghimbau kiranya seluruh elemen dan stakeholder terkait untuk selalu bergandengan tangan mencegah dan menindaklanjuti penyebab Stunting di Labuhanbatu.

Di lain sisi, Kepala Dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu Tinur Bulan, SKM.M.Kes, menyampaikan, pertemuan advokasi tahun 2021 dilatarbelakangi penunjukan Kabupaten Labuhanbatu sebagai Kabupaten lokus intervensi stunting. Hal tersebut Berdasarkan keputusan menteri perencanaan pembangunan nasional atau kepala Bappenas nomor Kep. 42/M.PPN/HK/04/2020 tanggal 9 April 2020 perihal penetapan ‘perluasan Kabupaten kota lokasi intervensi penurunan stunting terintegrasi’.

Baca Juga : Kesalahan Fatal Dalam Diri Membiasakan Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Menurut Tinur Bulan, maksud dan tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas stakeholder pemberdayaan masyarakat dan keluarga dalam upaya pencegahan stunting atau gagal pertumbuhan pada anak.

Pertemuan advokasi tersebut diikuti 75 peserta yang berasal dari berbagai pihak, diantaranya adalah TP.PKK, Kepala Desa, Lembaga Kesehatan, Forum Anak dan OPD terkait.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...