Thursday, December 1, 2022
Home Labusel Wisata dan Pesona Ulame, Oleh-oleh Dodol Dari Labuhanbatu Selatan

Ulame, Oleh-oleh Dodol Dari Labuhanbatu Selatan

Labuhanbatu Selatan—Sudah menjadi hal lumrah ketika pergi berwisata maka sanak saudara/sahabat/keluarga akan menyinggung yang namanya oleh-oleh. Sebuah buah tangan yang menjadi penghibur bagi mereka yang ditinggal pergi. Oleh-oleh sendiri menandakan cinderamata yang menjadi identitas suatu daerah, sehingga bagi yang tidak ikut pergi bisa sedikit merasakan suasana tempatnya.

Pun begitu ketika berkunjung ke tanah Labuhanbatu Selatan, rasanya tak afdol jika tidak mencicipi makanan khasnya, apalagi sampai tidak menyempatkan membawa bungkusan oleh-oleh yang bisa mengobati perasaan sanak keluarga yang ditinggal.

Oleh-oleh Khas Labuhanbatu Selatan

Jika mendengar kata dodol pasti yang terlintas pertama di pikiran kita adalah dodol Garut. Makanan legendaris yang punya ciri khas bertekstur kenyal manis ini tentunya digemari banyak kalangan, dan sering menjadi buah tangan favorit.

Namun, tahukah kamu jika Labuhanbatu Selatan juga punya dodolnya sendiri. Dodol yang tentunya berbeda dengan dodol yang mainstream kita ketahui. Dodol ini lebih sering disebut Ulame oleh masyarakat daerah sana. Nama tersebut sendiri merupakan serapan dari bahasa Mandailing yang memiliki arti Kelapa, dinamakan demikian karena Ulame berbahan dasar air perahan Kelapa.

Baca Juga : 6 Tempat Wisata Labuhanbatu Buat Referensi Pasca Pandemi

Ulame sendiri sebenarnya juga merupakan makanan tradisional Mandailing, namun lebih sering disebut Dodol Mandailing. Baik di Di Mandailing maupun Labuhanbatu Selatan, Ulame/Alame tak hanya menjadi makanan tradisional tapi juga sudah menjadi tradisi silaturahim warga dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Bahan-bahan Pembuatan

  • Santan Kelapa
  • Tepung Beras
  • Gula Merah
  • Garam

Proses Pembuatan Ulame

Rasa yang khas dari Ulame tidak hanya dari bahan-bahannya saja, tapi juga cara memasaknya yang masih lekat dengan metode tradisional, mulai dari bentuk, bahan, hingga pembuatannya. Cara memasaknya kurang lebih sama dengan cara membuat dodol pada umumnya. Setelah semua bahan dicampurkan, adonan dodol diaduk dalam kuali besar bersuhu tinggi secara terus menerus agar tidak hangus. Jika sudah berwarna coklat tua, berkilat dan pekat itu berarti pembuatan dodolnya berhasil.

ulame
Ulame sudah siap dinikmati. Sumber Gambar : Twitter

Setelah masak, dodol pun dimasukkan ke dalam sumpit yang terbuat dari daun pandan duri. Hal ini dilakukan untuk menambahkan aroma wangi dan enak ke adonan dodol. Dodol Ulame pun siap dihidangkan dan dinikmati.

Fakta Kesehatan

Faktanya, dodol memiliki kandungan kalori yang jauh lebih rendah jika dibandingkan kue.

Kalori KueKalori Dodol
100 Gram71 Gram

Selain Kalori yang jauh lebih rendah, dimana ini membantu para pelaku diet, dodol memiliki kandungan zat besi yang berasal dari beras ketan. Selain itu, kandungan kalsium, niasin, zat besi, karoten, vitamin B1 dan B2 juga tinggi pada dodol.

Dengan kadar natrium yang rendah dodol menjadi makanan yang ramah bagi penderita hipertensi.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...