Sunday, November 27, 2022
Home News Dilarang Ziarah Kubur, Peziarah Ricuh di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat

Dilarang Ziarah Kubur, Peziarah Ricuh di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat

Labuhanpos—Kericuhan sempat terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat pada hari kedua libur lebaran, Jumat (14/5/2021). Mereka memaksakan diri masuk ke area TPU untuk melakukan ziarah kubur, namun sempat dilarang oleh petugas TPU yang berujung kericuhan.”Iya benar (tadi sempat ricuh),” kata Kasatpol PP Jakbar Tamo Sijabat saat dihubungi, Jumat (14/5/2021).

source : (anataranews.com/DeviNindy)

Tamo mengatakan, para petugas lapangan akhirnya mengizinkan para peziarah masuk ke area TPU unutk menghindari kericuhan lebih lanjut. Apalagi, kata dia, jumlah peziarah mencapai 100 lebih orang dan tidak sebanding dengan petugas pada saat itu.

“Karena jumlahnya banyak ada seratusan kali yang coba (masuk) daripada nanti diprovokasi yang enggak-enggak jadi akhirnya diberikan masuk,” kata dia.

Para petugas lapangan, kata Tamo, mengingatkan mereka untuk tidak terlalu lama melakukan ziarah kubur dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan termasuk tidak boleh berkerumun. Para peziarah pun mematuhi peringatan dari parat petugas yang berjaga.

“Di dalam kita ingatkan supaya ziarahnya dipercepat gitu, enggak usah ngobrol-ngobrol lagi selesai ziarah langsung pulang, enggak berkumpul-kumpul. Kemudian jaga jarak dan pakai masker,” tandas dia.

Selain itu, Tamo mengatakan para petugas di lapangan juga sempat membagikan masker kepada para peziarah. Setelah itu, TPU Tegal Alur ditutup kembali dan sekarang dijaga ketat bersama dengan kepolisian. “Tadi anggota ngasih masker cukup banyak juga tadi 500 masker dibagikan,” pungkas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan warga Jakarta bahwa tempat pemakaman umum (TPU) masih ditutup hingga tanggal 16 Mei 2021. Karena itu, Anies minta masyarakat menunda dulu ziarah kubur sebagai bentuk partisipasi agar mencegah penyebaran Covid-19.

“Nanti kita akan tegaskan kembali, kawasan ziarah masih ditutup,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Untuk mengantisipasi warga yang masih nekat melakukan ziarah kubur hingga tanggal 16 Mei, Anies meminta anak buahnya agar memperbanyak petugas pengaman atau penjaga TPU. Pasalnya, warga seringkali memanfaatkan jumlah petugas TPU yang sedikit untuk tetap nekat melakukan ziarah kubur. “Nanti Petugas kita diperbanyak,” tandas Anies.

Pada hari pertama lebaran, sejumlah TPU di Jakarta masih didatangi warga untuk melakukan ziarah kubur. Mereka nekat melakukan ziarah kubur dengan berbagai alasan. Pengelola TPU sendiri mengaku kewalahan mengantisipasi hal tersebut meskipun sudah melakukan sosialisasi secara masif larangan ziarah kubur hingga tanggal 16 Mei 2021.

Jumlah pemdal atau sekuriti yang berjaga di TPU kadang tidak sebanding dengan luas dari TPU. Rata-rata yang pamdal yang berjaga sekitar 10 sampai 15 pemdal. Selain itu, tidak semua pintu TPU bisa ditutup karena merupakan akses jalan warga dari satu kampung ke kampung yang lain.Ada juga warga yang memfaatkan kesempatan pemakaman jezanah baru untuk melakukan ziarah. Yang bersangkutan mengantar jenazah sekaligus melakukan ziarah di kuburan keluarganya. Pasalnya, layanan pemakaman jenazah masih dibuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...

Dinas PUPR Kabupaten Labuhanbatu Gelar Konsultasi Publik Revisi RT/RW Tahun 2015-2035

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Asisten ll Ikramsyah menyampaikan perkembangan yang begitu pesat pada setiap sektor pembangunan yang menimbulkan berbagai masalah pembangunan akibat tekanan...