Thursday, November 24, 2022
Home News Polemik Tarik Ulur Boleh Tidaknya Mudik Lebaran 2021

Polemik Tarik Ulur Boleh Tidaknya Mudik Lebaran 2021

Berita Nasional, Labuhanpos—Usai menuai sorotan publik, persoalan pernyataan resmi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenai tidak ada pelarangan untuk mudik lebaran tahun ini masih berujung belum ada kejelasan.

Baca Juga : Makanan Khas Labuhanbatu Menjelang Ramadhan

Perkara izin boleh tidaknya pelaksanaan mudik lebaran ini akhirnya diangkat di pembahasan rapat Presiden Joko Widodo bersama para menteri.

Mengenai mudik lebaran ini, yang diprediksi akan melonjak, sebelumnya, Menhub mengatakan bahwa akan dibuat sejumlah mekanisme protokol kesehatan yang ketat bagi warga yang ingin melaksanakan mudik ke kampung halaman.

Polemik Mudik Lebaran 2021

Rencana pemerintah yang tak melarang mudik lebaran mendapat perhatian dari pihak satgas Covid-19. Melalui Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, menyatakan bahwa selama ini libur panjang selalu diikuti dengan tren kasus positif yang melonjak.

Pantau Peta Sebaran Covid-19 di Indonesia di : covid19.go.id

Doni pun menegaskan bahwa rencana terkait mudik lebaran 2021 ini masih dalam tahap kajian. Sehingga belum ada keputusan final mengenai hal tersebut.

Selanjutnya, kritik jelas datang dari anggota Bidang Tracking Satgas Penanganan Covid-19 Masdalina Pane. Ia meminta Kemenhub mengevaluasi protokol kesehatan di transportasi umum sebelum memutuskan aturan mengenai mudik lebaran, agar nantinya jangan sampai pemerintah justru melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

“Jangan membuat aturan kemudian dia melanggar sendiri,” Ungkap Masdalina.

Tanggapan Presiden dan Wakil Presiden

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa mengenai kegiatan selama Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah akan dibuat sejumlah ketentuan. Hal tersebut dirasa perlu, melihat agenda selama bulan suci itu akan menimbulkan banyak aktivitas di tengah situasi Covid-19 ini.

Baca Juga : Sah, Jokowi Tanda Tangani Omnibus Law

Dalam pernyataannya, pada Senin, 22 Maret kemarin, Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan mengumumkan bahwa boleh tidaknya masyarakat mudik lebaran 2021 sebelum memasuki bulan Ramadhan ini.

Kita nantikan bersama apakah lampu hijau yang akan diberikan ataukah lampu merah mengenai mudik ini.

Tujuh Kebijakan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran

  1. Terus mensosialisasikan protokol kesehatan secara ketat mulai dari tempat keberangkatan, selama perjalanan, hingga tiba di tempat kedatangan.
  2. Menjamin ketersediaan layanan transportasi darat, laut, udara.
  3. Memastikan kelaikan saranda dan prasarana transportasi.
  4. Meningkatkan ketertiban dan keamanan pada simpul-simpul transportasi.
  5. Melaksanakan koordinasi intensif pada pemangku kepentingan dengan membentuk posko-posko bersama.
  6. Melakukan rekayasa lalu lintas untuk menjamin kelancaran dan ketertiban pelaksanaan angkutan Lebaran.
  7. Melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan angkutan lebaran dimulai dari persiapan sampai pasca pelaksanaan.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...

Dinas PUPR Kabupaten Labuhanbatu Gelar Konsultasi Publik Revisi RT/RW Tahun 2015-2035

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Asisten ll Ikramsyah menyampaikan perkembangan yang begitu pesat pada setiap sektor pembangunan yang menimbulkan berbagai masalah pembangunan akibat tekanan...