Friday, December 2, 2022
Home News Rekor Pecah! Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 1 Juta

Rekor Pecah! Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 1 Juta

Sejak masuk awal tahun baru 2021, lonjakan kasus covid-19 terus menerus mengalami kenaikan. Beberapa kali kasus positif dalam sehari menyentuh angka 10 ribu lebih.

Kemarin, Senin (25/1/2021), kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 999.256 orang dengan 809.488 dinyatakan sembuh dan 28.132 lainnya meninggal dunia.

Tepat hari ini, Selasa (26/1/2021) kasus positif bertambah 13.094 orang. Angka ini menambah jumlah total kasus positif di Indonesia telah menembus 1.012.350 orang.

Jumlah Pelonjakan Kasus Covid-19. Sumber : databoks.katadata.co.id

Beberapa daerah pun mengalami kewalahan mengingat tingkat bed occupancy rate rumah sakit sudah mencapai 80%. Selain rumah sakit, lahan makam di Jakarta pun mulai terisi penuh. Sehingga mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk membuka lahan baru guna memakamkan para pasien covid-19 yang meninggal.

Mengingat angka yang fantastis ini, sebenarnya pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan virus yang semakin tidak terkendali ini, mulai dari penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PSBB proporsional, hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang hingga saat ini.

Walaupun sudah dilaksanakan PPKM, namun belum ada hasil yang signifikan terkait penurunan kasus Covid-19 sendiri. Presiden Jokowi pun sudah menekankan kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk segera menekan lonjakan kasus ini, walaupun belum juga membuahkan hasil.

Pergantian menteri kesehatan yang baru pun, Budi Gunadi Sadikin belum juga memperlihatkan perbaikan dalam penanganan pandemi ini.

(Baca Juga : https://labuhanpos.com/waspada-bunda-antisipasi-covid-19-pada-anak-anak/)

Pada Jum’at, 25 Desember 2020 lalu, Lewat Twitter-nya Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri mengkritik kembali penanganan Covid-19 ini. “Buruk muka cermin dibelah: testing dan contact tracing rendah, cuti bersama, pilkada, data Terawan, kebijakan tidak konsisten, diskon pesawat, bebas airport tax,… dst,” ungkap cuitan pada akun nya @FaisalBasri.

Semakin tidak terkendalinya kasus ini pun memicu mutasi baru dari virus corona. Seperti varian baru yang ditemukan di Inggris dan beberapa negera lainnya.

Hingga kini telah ditemukan 3 jenis mutasi baru dari Virus Corona,

Pertama, Corona D614G, mutasi ini diduga muncul beberapa saat setelah wabah awal Wuhan.

Kedua, Corona B117, diperkirakan mutasi ini akan menjadi varian yang dominan, setidaknya di Amerika Serikat, pada Maret 2021 mendatang. Hal ini disampaikan oleh pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC)

Terakhir, Corona 501.V2, ditemukan awal di Afrika Selatan. “Varian ganas dari virus Corona telah terdeteksi di Afrika Selatan yang berpengaruh pada penyebaran cepat gelombang kedua, dan bisa menyerang orang yang lebih muda,” ungkap Menteri Kesehatan Zwelini Mkhize, yang dikutip dari laman Straits Times.

Epidemiolog Indonesia di Griffith University Australia, Dicky Budiman mengungkapkan potensi munculnya versi baru dari mutasi virus corona SARS-CoV-2 sangat bisa terjadi, termasuk di Indonesia.

(Baca Juga : https://labuhanpos.com/mitos-vaksin-dan-tanggapan-para-ahli-yang-diharapkan/)

Mengingat berbagai permasalahan ini, mulai dari angka yang terus melonjak, kepercayaan publik terhadap vaksin, hingga mutasi virus tentu mengisyaratkan upaya serius dalam penanganan ini. Kita tunggu dan kawal bersama langkah selanjutnya dari pemerintah.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...