Tuesday, November 22, 2022
Home News Tanggapan Pemerintah Atas Gugatan Tommy Soeharto

Tanggapan Pemerintah Atas Gugatan Tommy Soeharto

Pemerintah Republik Indonesia mendapat gugatan dari putra bungsu Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau akrab dipanggil Tommy Soeharto. Gugatan yang dilayangkan menyangkut terkait penggusuran aset tanah dan bangunan miliknya.

Penggusuran tersebut ditujukan untuk pembangunan proyek jalan tol Depok-Antasari(Desari). Jalan Tol Desari sendiri merupakan jalan tol penghubung Jakarta dan Depok. Pembangunan jalan tol ini direncakanakan akan dikerjakan dalam lima seksi, dimana seksi 1 telah diresmikan pada 27 September 2018 lalu.

Melalui kuasa hukum Victor Simanjuntak, Tommy Soeharto mendaftarkan gugatannya di PN Jakarta Selatan dengan nomor perkara 34/Pdt.G/2021/PN JKT.SEL. pada 6 Januari 2021, banyak kementrian dan lembaga yang menjadi sasaran gugatan, diantaranya sebagai berikut :

  • Tergugat I : Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional 9ATR/BPN) casu quo Kantor Wilayah BPN DKI Jakarta casu quo Kepala Kantor Pertahanan Kota Administrasi Jakarta Selatan.
  • Tergugat II : Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) casu quo Kepala Pejabat Pembuat Komitmen Pengadaan Tanah Jalan TOl Depok-Antasari.
  • Tergugat III : Stella Elvire Anwar Sani.
  • Tergugat IV : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta casu quo Pemerintah Wilayah Kecamatan Cilandak.
  • Tergugat V : PT Citra Waspphutowa
    Dan beberapa tergugat lainnya.

Penggusuran yang dipermasalahkan tersebut dikarenakan merusak properti Tommy, sebuah bangunan kantor seluas 1.034 meter persegi, pos jaga seluas 15 meter persegi, bangunan garasi seluas 57 meter persegi, dan tanah seluas 922 meter persegi. Gugatan ini dianggap Tommy sebagai upaya untuk melawan perbuatan yang melawan hukum.

Tommy juga mengajukan permohonan pada pengadilan untuk menetapkan besaran ganti rugi kerugian materiil dan immateriil oleh tergugat I,II,III,IV sebesar Rp. 56.670.500.000. Khusus tergugat II, Tommy meminta pembayaran ganti rugi materiil sejumlah Rp. 34.190.500.000.

Belum selesai disitu, Tommy juga meminta pengadilan untuk menghukum para tergugat secara tanggung renteng membayar kerugian immateriil sebesar Rp 10 miliar selambat-lambatnya dilaksanakan 7 hari pasca putusan atas gugatan dibacakan. Sang Pangeran Cendana juga menuntut para tergugat untuk membayar uang paksa (dwangsom).

Yang Masih Diingat Publik

Tommy Soeharto saat ditangkap. Sumber Gambar : kompasiana.com

Tommy Soeharto sendiri pernah dihukum 10 tahun penjara dengan dakwaan pembunuhan, kepemilikan senjata api ilegal, dan menghindari penahanan. Namun, mendapatkan bebas bersyarat pada Oktober 2008 lalu, yang mana seharusnya ia baru dibebaskan pada tahun 2011.

Tanggapan Pemerintah

Teuku Taufiqulhadi, Sumber Gambar : realita.co

Staf Khusus dan Juru Bicara Kementrian ATR/BPN Teuku Taufiqulhadi angkat bicara, “Tanah tersebut masih dalam sengketa, antara pak Tommy dengan orang tertentu,” ujarnya dikutip dari detikcom, Senin (25/1/2021).

Perihal sengketa status kepemilikan ini maka secara hukum tidak ada pihak yang bisa secara sah mengklaim sebagai penerima hak ganti rugi atas tanah tersebut.

Lewat Teuku, pemerintah berjanji akan bersikap kooperatif terkait gugatan ini dan juga siap mengembalikan hak kepada para pemilik lahan yang terdampak proyek pembangunan ini.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...

Dinas PUPR Kabupaten Labuhanbatu Gelar Konsultasi Publik Revisi RT/RW Tahun 2015-2035

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Asisten ll Ikramsyah menyampaikan perkembangan yang begitu pesat pada setiap sektor pembangunan yang menimbulkan berbagai masalah pembangunan akibat tekanan...