Thursday, December 1, 2022
Home News Tes GeNose Resmi Digunakan di Moda Transportasi Udara, Berlaku Mulai 1 April...

Tes GeNose Resmi Digunakan di Moda Transportasi Udara, Berlaku Mulai 1 April 2021

Berita Labuhanpos—Penggunaan tes GeNose c19 yang semakin meluas dalam upaya mendeteksi virus Covid-19 akhirnya merambah ke persyaratan perjalanan udara.

Melalui surat Edaran No. 12 Tahun 2021 tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi COVID-19 yang sudah ditandatangani oleh Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo, menyebutkan bahwa penumpang yang akan naik pesawat untuk perjalanan dalam negeri bisa menunjukkan hasil tes GeNose C19 sebagai catatan perjalanan.

Ketentuan tersebut tertulis dalam Poin F Nomor 3 Butir B. Khusus untuk alat tes GeNose.

Baca Juga : Mitos Vaksin Covid-19

Surat edaran itu sendiri akan berlaku mulai dari 1 April 2021 mendatang. Surat tersebut sekaligus mensahkan penggunaan GeNose di seluruh moda transportasi.

Dalam upaya persiapan, MenHub Budi Karya meminta Direktur Jenderal Perhubungan Udara menyiapkan standar operasional prosedur atau SOP untuk penggunaan GeNose di sektor udara.

Informasi, bagi anda yang akan melakukan perjalanan, pengambilan sampel sendiri dilakukan di Bandara tempat penumpang berangkat.

Tes GeNose

tes genose
Alat Genose. Sumber Gambar : ugm.ac.id

Alat buah karya tangan anak bangsa dari Universitas Gajah Mada (UGM) ini diklaim memiliki tingkat akurasi hingga 97%.

Berbeda dengan metode swab PCR ataupun antigen, pengambilan sampel GeNose untuk mendeteksi keberadaan virus Covid-19 melalui embusan napas. Dilansir dari situs resmi UGM, GeNose diklaim bisa mendteksi Covid-19 lebih cepat dengan tarif yang juga lebih murah dibanding tes lain.

GeNose di Transportasi Laut

Sebelumnya, Kementrian Perhubungan juga sempat mencanangkan untuk mewajibkan tes Genose sebagai syarat perjalanan laut selama masa mudik. Sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan bahwa wacana tersebut mendapat sorotan positif dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga : Polemik Mudik 2021

Terpisah, sempat kontoversial beberapa waktu lalu mengenai ungkapan dari Menhub Budi Karya Sumadi mengenai bolehnya melakukan mudik di tahun ini, yang akhirnya dibantah oleh pemerintah melalui hasil rapat Presiden dan Wakil Presiden bersama jajaran menteri.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...