Monday, January 30, 2023
Home Opini Kamu Perlu Tahu, 5 Peristiwa Penting di Tanggal 5 Oktober, Apa Saja?

Kamu Perlu Tahu, 5 Peristiwa Penting di Tanggal 5 Oktober, Apa Saja?

Labuhanpos— Hari berganti bulan, dari bulan berganti ke tahun, berkenaan dengan hal itu, beberapa peristiwa dan catatan sejarah terjadi dalam rentang waktu yang hampir bersamaan, peristiwa-peristiwa penting itu berlangsung baik di dalam maupun luar negeri.

Untuk mengingat sekaligus menambah wawasan sejarah, Labuhanpos telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting yang tepat pada hari ini, 5 Oktober 2020, diperingati oleh banyak orang dan instansi terkait :

  1. Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Pada 5 Oktober Tahun 1945 silam, Badan Keamanan Rakyat (BKR) diubah fungsi dan berganti namanya menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), yang tak lain kelak sebagai cikal bakal terbentuknya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

TKR merupakan sebuah nama angkatan perang kali pertama yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia, setelah bangsa ini tegak berdiri di atas kedaulatan sebagai negara yang merdeka. TKR dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 berdasarkan maklumat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

  1. Pemakaman Jenazah Pahlawan Revolusi

Salah satu fragmen sejarah yang paling memilukan di Indonesia terjadi dalam rentetan hari-hari penuh darah sepanjang tahun 1965. Ketika itu PKI hendak melakukan kudeta atas pemerintah yang sah, pimpinan tertinggi Revolusi, Bung Karno. Dan itu adalah usaha yang kesekian.

Pada dini hari tanggal 30 September, lewat pasukan Tjakrabirawa, PKI menculik dan membunuh para petinggi militer Indonesia, mereka dianiaya lalu dimasukan ke dalam sebuah sumur di daerah Lubang Buaya, Jakarta. Beberapa hari setelah itu, pemerintah berhasil mengatasi PKI dan mayat petinggi militer yang hampir semuanya berpangkat Jenderal dianggkat dari sumur Lubang Buaya, untuk kemudian pada tanggal 5 Oktober 1965 dimakamkan secara layak di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Pahlawan Revolusi adalah sematan gelar yang diberikan kepada sejumlah perwira militer yang gugur dalam tragedi pada malam tanggal 30 September 1965 dan 1 Oktober 1965 dini hari itu.

Kemudian, sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, gelar itu ditambah dan mereka diakui sebagai Pahlawan Nasional.

  1. Pesawat Hercules TNI AU jatuh

Pada 5 Oktober 1991 silam ,Pesawat jenis C-130 Hercules TNI-AU jatuh di kawasan Condet, Jakarta Timur, akibat dari insiden udara itu, 137 orang dinyatakan meninggal. 133 prajurit diantaranya merupakan Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dan 2 lain diketahui sebagai warga sipil.

Tragedi di Condet ini terjadi disaat bersamaan dengan diselenggarakannya Perayaan HUT ABRI yang ke 46.

  1. Meninggalnya Pendiri Apple Steve Jobs

Steven Paul atau yang lebih dikenal dengan nama “Steve” Jobs, lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955. Bisnisman bidang Teknologi ini meninggal di Palo Alto, California, Amerika Serikat, 5 Oktober 2011 pada umurnya yang ke 56 tahun.

Steve Jobs merupakan seorang tokoh bisnis dan penemu asal Amerika Serikat, ia tak lain adalah ketua, dan mantan CEO perusahaan Apple Inc.

Jobs meninggal dengan status salah satu orang terkaya di dunia.

  1. Hari Guru Sedunia

Tanggal 5 Oktober lainnya, tepat hari ini diperingati sebagai Hari Guru Sedunia atau World Teacher’s Day (WTD). Berdasarkan ketentuan dari UNESCO, Hari Guru Sedunia telah diadakan setiap tahunnya sejak 1994, peringatan ini berangkat dari Rekomendasi ILO / UNESCO 1966 tentang Status Guru.

Rekomendasi yang dimaksud menyoal tolok ukur tentang hak dan tanggung jawab guru serta standar untuk persiapan awal dan juga pendidikan lanjutan mereka, dan itu terkait, mulai dari perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar.

Pada tahun 2020, di tengah Pandemi Covid-19 yang belum mereda, peringatan Hari Guru Sedunia mengambil tema “Guru: Memimpin dalam krisis, menata kembali masa depan”

Sekarang, sudah tahu kan apa-apa saja yang terjadi dan diperingati tiap 5 Oktober.

Sumber Gambar : jaywrightillustration.com

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

294 PPS Mengambil Sumpah Jabatan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Sebanyak 294 Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan umum tahun 2024 dari 98 desa/kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu mengambil sumpah jabatan untuk...

Bupati Ajak Para Kepling Mengelola Sampah Dengan Baik

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah, pembatasan dan pengurangan sampah. Bupati Labuhanbatu...

Car Free Day Kembali di Gelar Usai Natal dan Tahun Baru

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Dalam rangka mendorong program Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.K.M yakni mewujudkan Masyarakat Sehat, Bugar dan Gembira. Car Free Day...

39 Kepala Desa Terpilih Dilantik Bupati Labuhanbatu

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Dengan hasil perhitungan suara pada pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten labuhanbatu Tahun 2022 pada tanggal 2...