Monday, January 30, 2023
Home Sport Tanpa Dua Sosok Pria Ini, Khabib Nurmagomedov Bukan Siapa-siapa

Tanpa Dua Sosok Pria Ini, Khabib Nurmagomedov Bukan Siapa-siapa

Labuhanpos—Khabib Nurmagomedov resmi menyatakan pensiun dari ajang UFC, selama karirnya di atas Octagon, pria 32 tahun itu dianggap sebagai petarung terbaik sepanjang masa. Dari 29 pertarungan yang dilakoni, tak sekalipun Khabib mengalami kekalahan.

UFC 254 adalah panggung terakhir bagi Khabib. Momen itu terjadi di Fight Island, Abu Dhabi pada Minggu (25/10) dini hari WIB, Khabib mempertahankan gelar sabuknya dengan menang lewat Justin Gaethje.

Dan yang lebih istimewa lagi, lewat gaya kuncian, triangle choke ‘The Eagle’ cuman butuh dua ronde atau 1 menit 34 detik untuk mengalahkan ‘The Highlight’.

Petarung asal Dagestan itu memulai kariernya di tahun 2008. Empat tahun berselang, tepatnya 2012, dirinya baru bergabung dan mulai aksi-aksi terbaik di arena UFC. Khabib memegang rekor sebagai petarung yang paling banyak melakukan bantingan dalam sekali duel, dia juga tercatat tiga kali mampu mempertahankan sabuk juara kelas ringan.

Itulah sebabnya, Presiden UFC, Dana White mengatakan, “Khabib layak mendpat predikat GOAT (Greatest Of All Time). Dia petarung terbaik sepanjang masa,”

Abdulmanap dan Javier Mendez Dibalik Kesuksesan Khabib

Tapi pernahkah kita bertanya, siapa yang membentuk Khabib sebegitu kuat? Apakah ia melewati itu dengan sendiri? Tentu saja, kejayaan Khabib bukankah tentang individu, ia melewati segala halnya bersama orang-orang terbaik yang ia miliki.

Khabib dengan rendah hati mengaku, kalau dirinya tak akan bisa seperti sekarang ini tanpa peran almarhum ayahnya. Bahkan pensiun nya Khabib tak lepas dari alasan itu.

Dialah Abdulmanap, mantan veteran Tentara Uni Soviet yang sudah mendidik Khabib kecil dengan keras dan penuh kedisiplinan.

Satu waktu, Khabib pernah berujar, “Saya tidak bisa seperti sekarang ini tanpa ayah saya. Ketika dia mengajari saya, maka saya seperti murid-murid lainnya tidak ada belas kasihan,”

Lalu ia menambahkan, “Ayah mengajari anak-anak muda Dagestan dengan begitu keras. Fisik dan mental kami benar-benar ditempa,”

Jika Abdulmanap adalah orang pertama yang membentuk karakter Khabib, maka ketika tahun 2011 Khabib Nurmagomedov memulai petualangan ke Amerika Serikat. Dan bergabung dengan salah satu tempat latihan terbaik, yakni American Kickboxing Academ di California, ia bertemu untuk kemudian dilatih oleh seseorang yang bernama Javier Mendez.

Javier Mendez merupakan pria asal Meksiko yang sudah lama berkecimpung di dunia MMA sejak tahun 1980-an. Ia ahli dalam beladiri dan pernah jadi pemenang dalam kejuaraan International Sport Karate Association (ISKA) di tahun 1992 dan tahun 1995.

Kemudian di tahun 1996, Javier Mendez mendalami dunia tarung bebas dan berlaga di ajang UFC.

Javier Mendez punya riwayat melatih yang mentereng, beberapa petarung hebat UFC, yang pernah ia tangani, sebut saja diantarnya B.J Penn, Cain Velasquez (juara kelas berat), dan Luke Rockhold (juara kelas menegah), lalu Daniel Cormier (juara kelas berat), dan terakhir barulah Khabib Nurmagomedov sebagai juara kelas ringan.

Dan pengakuan Javier Mendez, akan bakat Khabib membuatnya tak ragu untuk melatih Khabib,

“Ketika saya pertama kali melihat Khabib, orang ini luar biasa. Bakat bertarungnya begitu berbeda dari yang lain. Ayahnya mendidik engan begitu bagus. Saya hanya tinggal menambahkan sedikit saja,” lanjut Mendez

Khabib Nurmagomedov selalu menyebut nama ayahnya dan pelatihnya ketika setelah memenangi duel. Baginya, dua orang itulah yang membantu agar tetap terus menang dan sebagai penghormatan, ia tak pernah membantah apa yang mereka instruksikan.

“Meskipun Anda juara, entah sabuk hitam, atau entah pemegang sabuk emas, Anda tidak bisa menjadi bos. Anda butuh pelatih dan itulah bos Anda,” Ucap Khabib

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

294 PPS Mengambil Sumpah Jabatan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Sebanyak 294 Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan umum tahun 2024 dari 98 desa/kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu mengambil sumpah jabatan untuk...

Bupati Ajak Para Kepling Mengelola Sampah Dengan Baik

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah, pembatasan dan pengurangan sampah. Bupati Labuhanbatu...

Car Free Day Kembali di Gelar Usai Natal dan Tahun Baru

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Dalam rangka mendorong program Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.K.M yakni mewujudkan Masyarakat Sehat, Bugar dan Gembira. Car Free Day...

39 Kepala Desa Terpilih Dilantik Bupati Labuhanbatu

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Dengan hasil perhitungan suara pada pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten labuhanbatu Tahun 2022 pada tanggal 2...