Friday, December 2, 2022
Home Technology Gadget Biar Gak Bikin Lemot, Ini Cara Hapus Cache Whatsapp di Smartphone

Biar Gak Bikin Lemot, Ini Cara Hapus Cache Whatsapp di Smartphone

Tips Labuhanpos—Smartphone kamu sering lemot? penyimpanan internal-mu sering penuh? Nah, hal tersebut salah satunya dipicu oleh cache Whatsapp-mu yang sudah menumpuk.

Di saat sedang asyik beraktivitas di layar smartphone tentu akan menjadi hal yang mengganggu ketika notifikasi ‘penyimpananmu penuh’ tiba-tiba muncul menghentikan keasyikanmu. Hal tersebut lumrah terjadi karena adanya penumpukan cache yang sudah memakan banyak tempat di penyimpananmu.

Baca Juga : Usai Tuai Banyak Polemik, Whatsapp Tunda Aturan Barunya

Setiap aplikasi yang kamu gunakan tentunya akan memakan ruang dalam penyimpanan, termasuk Whatsapp. Apalagi dalam sehari saja kamu bisa berulang kali bolak-balik memandangi salah satu apps messaging populer tersebut.

Tingginya aktivitas penggunaan terhadap berbagai aplikasi tentunya akan terus membebani kinerja dari smartphone-mu, apalagi jika tidak ada yang namanya cache.

Apa itu Cache?

cache whatsapp
Sumber Gambar : Google Developer

Cache adalah data sementara yang disimpan dalam penyimpanan internal smartphone kamu, dimana data ini mencatat semua aktivitas pada aplikasi yang kamu gunakan.

Masih Bingung? Jadi gini contohnya, misalnya kamu membuka Whatsapp, nah secara otomatis, sistem smartphone-mu akan menyimpan semua aktivitas yang kamu lakukan. Dimana untuk pertama kali setiap kamu membuka media pada aplikasi akan terasa berat, hal ini dikarenakan banyak kinerja sistem yang sedang digunakan. Nah, disinilah cache bekerja untuk meringankan kinerja sistem pada saat kamu membuka Whatsapp untuk kedua kali dan seterusnya.

Cara Cache Bekerja

Cache menyimpan data yang sifatnya sementara yang sewaktu-waktu atau bahkan sering akan kamu gunakan. Nah, ketika kamu akan membuka kembali suatu aplikasi, cache tersebut yang akan dipanggil, sehingga akan mengurangi waktu dan meringankan kinerja prosesor dalam mengolah data yang kamu panggil.

Cache yang salah satu fungsinya adalah meringankan kerja processing di smartphone-mu, juga bisa membuat smartphonemu justru melambat. Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan cache yang berlebihan.

Walaupun secara fungsinya, cache sangat bermanfaat dalam efisiensi waktu dan kecepatan smartphone saat mengakses suatu aplikasi. Namun hal tersebut justru menjadi bumerang yang melambatkan sistem (*ketika cache terlalu besar) sehingga harus dihapus.

Manfaat Cache

  1. Efisiensi waktu sistem.
  2. Menambah kecepatan smartphone saat diakses.
  3. Menyimpan daya yang akan digunakan di waktu mendatang.
  4. Data cache dapat bekerja bahkan tanpa koneksi jaringan.

Cache Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang pastinya ter-install di smartphone-mu. Penggunaan yang begitu sering justru akan menumpuk banyak cache di smartphone-mu. Cache Whatsapp sendiri berasal dari penggunaan data berupa gambar, video, audio, voice note, stiker, serta dokumen.

Agar kinerja smartphone dapat kembali optimal, kamu perlu mengetahui cara menghapus cache Whatsapp di Smartphone.

Cara Menghapus Cache Whatsapp dari Aplikasinya

  1. Buka aplikasi Whatsapp di ponselmu.
  2. Ketuk ikon ‘titik tiga’ di bagian pojok kanan atas pada aplikasi Whatsapp.
  3. Lalu ketuk opsi ‘Setelan’.
  4. Kemudian pilih dan ketuk opsi ‘Penyimpanan dan Data’.
  5. Pada bagian paling atas anda akan menemukan menu ‘Kelola Penyimpanan’, ketuk menu tersebut. Setelah diketuk anda akan disuguhkan besaran cache yang ada dari masing-masing elemen di Whatsapp, mulari dari foto, video, audio, kontak, dan lain-lain.
  6. Masih didalam menu ‘Kelola Penyimpanan’. Silahkan kamu pilih file mana yang ingin dihapus. Jika ingin menghapus semuanya, kamu tinggal memberi centang di opsi ‘Pilih semua’.
  7. Setelah menghapus file tersebut, anda akan melihat menurunnya jumlah cache pada kolom bar.

Itulah cara menghapus cache Whatsapp langsung dari aplikasi Whatsapp versi terbaru. Perlu kamu ketahui, sebagaimana cara kerja cache, ketika kamu menghapusnya memang hal tersebut akan memperluas penyimpanan internal-mu, sehingga performanya akan kembali ringan.

Baca Juga : Kemerosotan Whatsapp, Awal Cerah Bagi Kompetitor

Namun, kekurangannya adalah ketika kamu menghapus cache, sistem akan memulai ulang sistem aplikasi dari awal lagi. Alhasil, loading aplikasi yang akan dibuka menjadi lebih lama daripada sebelum cache dihapus.

Tidak perlu Khawatir, karena hal tersebut bersifat sementara, yaitu hanya pada pembukaan pertama. Kamu juga tidak harus menghapus cache setiap hari, cukup lakukan seperlunya, misal 3 hari sekali atau ketika smartphone sudah mulai menunjukkan performanya yang melambat.

Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...