Thursday, December 1, 2022
Home Technology Kemerosotan Whatsapp, Awal Cerah Bagi Kompetitor

Kemerosotan Whatsapp, Awal Cerah Bagi Kompetitor

Angka unduhan Whatsapp di berbagai app store terus mengalami penurunan. Hal tersebut tak terlepas dari privacy policy terbaru mereka. Disaat Whatsapp mengalami kemerosotan drastis, pesaingnya, seperti Signal dan Telegram terus menambahkan fiturnya yang justru mengalami pelonjakan unduhan.

Survei LocalCircles menujukkan pengguna Whatsapp di India hanya tersisa 18%, 15% memilih menghapus aplikasi tersebut pada awal tahun ini.

Di Indonesia sendiri, data Sensor Tower menunjukkan penurunan drastis hingga 26% dari total 1,9 juta unduhan pada dua minggu sebelumnya.

(Baca Juga : https://labuhanpos.com/setelah-banyak-polemik-whatsapp-tunda-perilisan-aturan-barunya/)

Berbeda dengan Whatsapp, pesaingnya Telegram dan Signal mengalami lonjakan drastis. Selama rentang 4-17 Januari 2021, jumlah unduhan aplikasi Signal naik 50.000% sedangkan Telegram meningkat 64%. Aplikasi messenger dari pengembang Turki Turkcell, BiP juga mengalami kenaikan jumlah unduhan hingga 50 juta kali secara global. Sensor Tower juga mencatat top 5 aplikasi terpopuler di Google Play Store yakni Telegram, FaceApp, GetContact, BiP, dan CapCut per Senin pekan lalu (18/1).

Walaupun Whatsapp menunda pengesahan aturan baru mereka itu yang semula 8 Februari menjadi 15 Mei, namun ternyata masih saja berdampak besar. Director of market insight App Annie Amir Ghodrati mengungkapkan beberapa hal pada wawancaranya yang disampaikan ke The Guardian. Pertama, bahwa pengguna menginginkan platform percakapan yang cenderung aman. Kedua, Efek ke Whatsapp ini adalah respon kecewa pengguna akan kebijakan baru mereka.

Spesialis keamanan siber di ESET, Jake Moore mengungkapkan bahwa aplikasi seperti Signal, Telegram, Wickr, dan WhatsApp menawarkan fitur privasi mulai dari transfer data terenskripsi end to end hingga ‘pesan yang berdampak buruk bagi diri sendiri’.

Walaupun antara WhatsApp dan Signal sama-sama menjadikan nomor telepon pengguna sebagai identitas. Namun, pihak pengembang sudah memperkenalkan kode PIN untuk mengidentifikasi pengguna di masa yang akan datang.

Perbedaan mendasar di antara kedua aplikasi tersebut ada pada perusahaan pendanaannya. “WhatsApp dimiliki oleh Facebook, yang model bisnisnya berfokus pada iklan. Sedangkan, Signal didukung oleh Signal Foundation, yang berfokus pada Privasi dan belum terlihat memiliki keingingan untuk menganalisis, membagikan, atau mengambil keuntungan dari informasi pribadi pengguna,” Ungkap Jake Moore.

Signal didirikan oleh salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton dan peneliti keamanan siber, Moxie Marlinspike pada tahun 2018. Acton sendiri meninggalkan Facebook pada 2017 dikarenakan keprihatinannya terhadap cara perusahaan tersebut beroperasi. Lalu, menyumbangkan US$ 50 juta untuk dana awal pendirian. Kini Signal didanai oleh komunitas.

Brian Acton, Pendiri Signal yang sebelumnya bekerja di Whatsapp. (Gambar : wired.com)

Sistem pendanaan berdasar komunitas ini yang membuat pengguna beramai-ramai beralih. Menurut Moore.

Berikut beberapa fitur baru yang ditambahkan ke Signal :

  1. Wallpaper di masing-masing halaman chat.
  2. Fitur ‘about’.
  3. Stiker animasi dan mode ‘low data’.
  4. Menambah jumlah maksimal panggilan menjadi 8 orang.
Official Kontributorhttps://labuhanpos.com
Hallo! Perkenalkan saya penulis utama di labuhanpos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Baca Juga

Argentina Menang Telak 2-0, Polandia Turut Masuk 16 Besar

Labuhanpos.com - Kemenangan Telak Timnas Argentina 2-0, Polandia turut serta melaju ke Babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Kamis (1/12/2022) dini...

Pemkab Labuhanbatu Rencanakan Pembangunan Desa Inovatif Swasembada Pangan

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu merencanakan pembangunan kawasan Desa inovatif yang diimplementasikan dengan model Desa berinovasi Swasembada Pangan. Sesuai dengan rencana...

Kaban Bappeda Labuhanbatu Tinjau Persiapan Penangkaran Benih Padi Varietas Ngaos Mawar

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Kaban Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z Rangkuti meninjau persiapan penangkaran benih padi Varietas Ngaos mawar di Desa Sei Rakyat...

Memperingati HKN ke-58, Dinkes Gelar Kompetisi Olahraga & Seni Dalam Liga Puskesmas

Labuhanpos.com, Labuhanbatu - Memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Kompetisi Olahraga dan Seni Antar...